Uji coba Materi buku paket C IPA kelas XII, pelajaran fisika,

ujicoba materi fisika paket c ipa pkbm gesit tangsel

PBM Wong Sing GESIT mendapat kunjungan dari balai pengembangan PAUD & Dikmas propinsi Banten , dengan kegiatan uji coba buku paket C IPA kelas XII, pelajaran fisika, materi tentang kelistrikan oleh ibu Dra. Salbiah, M.Pd

 Dra. Salbiah, M.Pd

Secara khusus tujuan penyusunan Modul “ Mengenal Medan Listrik” ini adalah peserta didik mampu:1.    Menjelaskan Muatan Listrik dalam kehidupan sehari-hari2.    Menjelaskan Kapasitator dengan kehidupan sehari-hari

 

Materi kelistrikan dibawakan oleh tutor PKBM Wong sing gesit kak Diki Nurmawan

HAri Pertama Materi kelistrikan dibawakan oleh tutor PKBM Wong sing gesit kak Diki Nurmawan

Hari Ke-2 Materi kelistrikan dibawakan oleh tutor PKBM Wong sing gesit kak Diki Nurmawan

MENGENAL MEDAN LISTRIK dan MUATAN LISTRIK

Modul ini memiliki dua
fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan modul peserta didik dan sebagai acuan
kegiatan pembelajaran di kelas. Mengingat pentingnya modul ini, di sarankan
untuk memperhatikn hal-hal sebagai berikut:
1.    Bacalah halaman demi halaman dengan
teliti;
2.    Pahami setiap Kompetensi Dasar dan
kegiatan pembelajaran yang dikaitkan dengan materi;
3.    Upaya untuk mencakup Kompetensi Inti
(KI) dalam setiap pembelajaran. Pendidik diharapkan melakukan penguatan untuk
pembentukan sikap, pengetahuan, dan perilaku positif;
4.    Dukungan ketercapaian Kompetensi Inti
(KI) dalam setiap pembelajaran, keteladanan, dan budaya sekolah;
5.    Cocokkanlah setiap kegiatan peserta
didik yang berhubungan modul peserta didik;
6.    Mulailah setiap kegiatan pembelajaran
dengan memberikan pengantar sesuai dengan materi pembelajaran. Lebih baik lagi
jika dilengkapi dengan kegiatan pembuka yang menyenangkan dan membangkitkan
rasa ingin tahu peserta didik;
7.    Kembangkan ide-ide kreatif dalam
memilih metode pembelajaran dengan menemukan kegiatan alternative apabila
kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan;
8.    Pilihlah beragam metode pembelajaran
yang akan dikembangkan;
9.    Kembangkan keterampilan membuka dan
menutup pembelajaran, mengelola kelas, serta menciptakan suasana Pembelajaran
Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan menyenangkan (PAIKEM);
10.
Gunakanlah
media atau sumber belajar alternative yang tersedia dilingkungan sekolah.
Tujuan Pembelajaran Modul
Secara umum tujuan
kurikulum mencakup empat dimensi kompetensi, yaitu sikap spiritual, sikap
social, pengetahuan dan keterampilan, yang dicapai melalui proses pembelajaran
intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ektrakurikuler. Mata pelajaran Fisika di
Program Paket C bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai
berikut:
1.    Membentuk sikap positif terhadap
fisika dengan menyadari keraturan dan keindahan alam serta mengagumkan
kebesaran Tuhan Yang Maha Esa;
2.    Mengembangkan sikap ilmiah yaitu
mengembangkan rasa ingin tahu, jujur, optimisme, bertanggung jawab, obyektif,
terbuka, ulet, kristis, dan dapat bekerjasama dengan orang lain;
3.    Mengembangkan pengalaman melalui
percobaan agar dapat merumuskan masalah mengajukan dan menguji hipotensis,
merancang dan merakit instrument, mengumpulkan, mengolah dan menafsirkan data,
serta mengkomunikasikan hasil dengan berbagai cara baik, lisan maupun tertulis.
4.    Mengembangkan kemampuan penalaran
induktif dan deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip untuk
mendeskripsikan berbagai peristiwa alam dan menyelesaikan masalah baik secara
kualitatif Maupun kuanlitatif, dan,
5.    Menguasai konsep dan prinsip fisika
serta mempunyai keterampilan mengembangkan pengetahuan, dan sikap percaya diri
sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi serta
mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
 

 

https://pkbmgesit.blogspot.com/2018/11/uji-coba-buku-paket-c-ipa-kelas-xii.html?spref=fb&fbclid=IwAR1LarTmRs5hAo7TzJE2RbBDePZD5qlE28S1DcJqIMANkE5EIWhceuj8whU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *