Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi (Keterampilan) bagi Paket C

Tujuan Program Paket C adalah

  1. Menyediakan layanan pendidikan pada jalur pendidikan nonformal untuk menjaring peserta didik yang putus sekolah setara SMA/SMK/ MA dan lulusan SMP/MTs/Paket B yang tidak tertampung pada jalur pendidikan formal;
  2. Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik sehingga memiliki kemampuan yang setara dengan SMA/SMK/MA;
  3. Membekali dasar-dasar kecakapan hidup yang bermanfaat untuk bekerja mencari nafkah atau berusaha mandiri;
  4. Membekali pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik yang memungkinkan lulusan program dapat meningkatkan pendidikannya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Tujuan Program Pendidikan Vokasi (Keterampilan) bagi Paket C adalah memberikan keterampilan terstruktur yang sesuai dengan pilihan peserta didik dengan diakhiri Uji Kompetensi yang diharapkan setelah lulus Paket C mereka memiliki sertifikat ganda yaitu Ijazah Pendidikan Kesetaraan dan Sertifikat Kompetensi.



Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan Paket C/ Pendidikan Vokasi Bagi Paket C

Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan Paket C, 
Yaitu dengan memberikan fasilitasi kepada lembaga penyelenggara Pendidikan Kesetaraan Paket C dan kepada peserta didik untuk mempermudah proses pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket C untuk  meningkatkan kecakapan personal, akademik, dan sosial peserta didik Pendidikan Kesetaraan Paket C;



Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi (Keterampilan) bagi Paket C:
yaitu dengan memberikan bekal keterampilan terstruktur bagi peserta didik Pendidikan Kesetaraan Pendidikan Vokasi bagi Paket C;  Memberikan kecakapan hidup yang bermanfaat untuk bekerja pada Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) atau membuka usaha sendiri; . Meningkatkan kecakapan vokasional peserta didik Paket C.

Adapun kriteria Pendidik pada program ini adalah:
a. memiliki kualifikasi/kompetensi akademik sesuai bidang studi atau mata pelajaran yang dibelajarkan;
b. memiliki kualifikasi/kompetensi vokasi sesuai bidang keterampilan terstruktur sesuai dengan Standar Kualifikasi Kompetensi Nasional Indonesia (SKKNI);
c. memiliki metode pendekatan pembelajaran pendidikan nonformal;
d. memiliki pengalaman dan kompetensi pembelajaran orang dewasa;
e. bersedia membelajarkan Peserta Didik sampai akhir program;
f. diprioritaskan bagi yang telah mengikuti pelatihan tutor pendidikan kesetaraan.

Proses pembelajaran akademik dilakukan sesuai ketentuan yang diatur dalam standar isi dan standar proses, misalnya:

  1. pembelajaran dilakukan minimal 2 hari dalam seminggu @ 3 jam pelajaran, atau 3 hari dalam seminggu @2 jam pelajaran;
  2. pembelajaran dilakukan dengan tatap muka, tutorial, dan mandiri;

Indikator Keberhasilan Program ini adalah

  1. Minimal penguasaan pengetahuan dan keterampilan peserta didik mencapai 85%
  2. Minimal peserta didik 65% dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
  3. Kehadiran peserta didik dalam pembelajaran mencapai 75%



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *